Steganografi, Enkripsi & Kriptografi

Steganografi


Steganografi merupakan salah satu cara untuk merahasikan pesan menggunakan media tulisan dengan cara menyamarkannya pada tulisan lain. salah satu contoh Steganografi yang saya coba buat:

"kemana pun kakiku melangkah

inginku menapakkannya bersama kehangatan alam

tanpa sadar suara pepohonan menghampiri dalam anganku

mendatangkan tenangnya hati yang mengusap segala masalah keraguanku.

senandung harap kembali mengiringi kehausanku akan hadirmu

tapi ku tetap percaya aku tak sendiri menunggumu

karena ku tau bunga-bunga menyanyikan lagu riang penuh harap untukku"


coba tebak pesan apa yang tersirat pada sebuah tulisan diatas!!!

apakah anda menemukannya? :D
cara membacanya ada di bawah ini ^^ coba di block tulisaan yang dibawah ini
jika anda menemukannya makan pesan yang tedapat pada tulisan diatas adalah:

"kita dalam masalah serius sembunyi"

tetapi kalau anda binggung makan disana terdapat bantuan untuk membaca pesan tersebut dengan cara perhatikan kata pada tulisan tersebut dan lihat huruf-hurufnya yang bercetak miring merupakan huruf yang menyusun pesan "kita dalam masalah serius sembunyi"



Enigma


Enigma merupakan suatu nama dari cara meyembunyikan pesan yang digunaka oleh pihak jerman pada saat perang dunia 2. cara tersebut di gunakan untuk melindungi pesan yang dikrim oleh salah satu pasukan untung memerintahkan suatau serangan atau posisi lawan.

Enigma sendiri dapat dihasilakn dengan menggunakan mesin enigma. mesin enigma terdiri dari keyboard dengan 26 huruf, papan lampu dengan 26 huruf, 3 set roda rotator, sebuah reflektor dan sebuah plugboard.Penerima harus mengetahui setting rotor mesin enigma pengirim agar dapat menyusun pesan yang dikirim dengan benar.jika tidak mengetahui settingan rotor dari mesin enigma pengrim maka pesan tersebut akan sulit di terjemakan kembali hasil pengkodean dari satu model mesin enigma tidak dapat diterjemahkan dengan menggunakan model mesin enigma yang lainnya jika tidak mengetahuin settingan pada rotor dari si mesin penggirim tersebut.
Pada bulan Februari 1942 Jerman membuat terobosan dengan meluncurkan Enigma dengan 4 rotor kedalam mesin enigma. menghasilkan jaring yang terkenal dalam istilah Jerman "Triton" dan dalam istilah Inggris "Hiu" karena mesin ini duluncurkan kurang lebih 1 tahun Bletchley tidak dapat berbuat banyak terhadap mesin ini dan berakibat kekalahan di Atlantik dan meruplakan ancaman bagi sekutu. tetapi kode yang dihasil kan dari mesin ini bisa di pacahkan.

~ prinsip kerja mesin enigma~

Pada saat tombol huruf ditekan, arus listrik akan mengalir pada mesin ini yang diawali melewati plug board, kemudian terus melewati 3 rotor dan setelah tiba di reflektor arus listrik dibalikkan kembali melewati 3 Rotator selanjutnya diteruskan ke plug board dan kemudian di huruf dienkripsi yang ditampilkan pada lampu yang menyala. setelah tampilan huruf yang telah dienkripsi menyala, rotator berputar sesuai settingannya. perputaran rotor sama hal-nya dengan sebuah oometer yaitu jika rotor yang paling kanan telah menyelesaikan satu putaran penuh sebelum Rotor yang ditengah berubah satu posisi dan begitu seterusnya untuk rotor yang berikutnya. pada saat arus melewati tiap komponen yang ada di dalam mesin enigma, huruf mengalami pemetaan ke dalam huruf yang lain. plug board melakukan pemetaan yang pertama. jika terdapat sambungan antara dua huruf, huruf-huruf ini akan pertukarkan satu sama lain. jika tidak sambungan huruf yang bersangkutan maka huruf tersebut tidak akan mengalami pemetaan. setelah melewati plug board, huruf akan dipetakan melalui 3 rotor. tiap rotor mengandung satu pemetaan huruf tetapi berhubung rotator berputar untuk tiap penekanan tombol huruf sehingga pemetaan rotator berubah untuk tiap penekanan tombol. Setelah melewati 3 Rotator selanjutnya diteruskan ke reflektor. reflektor sangat mirip dengan rotor hanya saja reflektor tidak berputar sehingga pemetaan selalu sama. jadi keseluruhan proses enkripsi untuk satu huruf minimum mengandung 7 pemetaan dan maksimum sebanyak 9 pemetaan.



sekian penjelasannya semoga berguna dan tidak membuat binggung :D
GBU...

sumber
unduh

0 comments:

Posting Komentar